Rabu, 29 Juli 2015

Cari Tau Bedanya Pengapian AC Dengan DC

Pengapian AC Dengan DC

Pada tulisan blog saya kali ini saya akan membahas mengenai system pengapian AC dan DC pada sepeda motor, akan tetapi saya akan lebih fokus pada sistem pengapian DC karena berdasarkan apa yang saya lagi kerjakan dalam workshop saya, lebih kepada share dan berbagi ilmu dari pengalaman saya mengenai trouble shooting cara saya menghadapi masalah kerusakan pada sepeda motor. Saya juga tidak akan membahas secara mendalam dan terperinci mengenai apa itu pengapian AC dan DC, tujuan saya agar mudah dan dimengerti oleh orang-orang yang awam dengan kerusakan sepeda motor karena menurut saya “pembelajaran yang benar adalah membuat sesuatu yang rumit menjadi lebih simple”.
Pengapian AC adalah pengapian yang arus disuplai melalui spul pengapian sedangkan pengapian DC adalah pengapian yang arusnya disuplai mengunakan aki. Sederhananya urutan system pengapian AC adalah spul menuju CDI menuju koil dan busi sebagai pemercik bunga api sedangkan untuk pengapian DC adalah dari aki menuju CDI menuju koil dan busi. Dari masing-masing system pengapian tentunya ada pulser sebagai signal menuju CDI akan tetapi pulser jarang sekali mengalami kerusakan, makanya saya tidak akan membahas secara mendalam mungkin dilain tulisan blog saya akan mengkupasnya, kupasss... anak gadis kali dikupas upsss sori becandaa ha he ho…jangan terlalu serius gan membaca tulisan saya karena belajar yang asik adalah belajar yang memberi kebebasan berekspresi dan ini yang bener “mangga kali dikupas”…
Kalau kita berbicara system pengapian DC, system pengapian DC juga memiliki spul yaitu spul lampu atau pengisian. Jadi kalau kamu iaa kamuuu… benerin motor dan motor kamu pengapian DC terus mekaniknya bilang motormu ga hidup gara-gara spulnya mati, terus motornya harus ganti spul, ganti CDI, trs ganti koil, busi semuanya ganti STNK, BPKP, habis 1 juta 9 ratus 9 puluh 9 ribu dapet dah no motor baru tapi buat DP bayarnya nyicil, kredit bangggg, biasa deh trik mekanik buat dapet bayar gede semuanya ganti cieee curhat nihhh ha he ho…jadi biar ga kena tipu-tipu eee yok lanjut baca lagi.
Ini hal sederhana untuk membedakan antara motor dengan system pengapian AC dan DC :
AC :
1.      Lampu kurang stabil karena mengandalkan putaran mesin untuk menghidupkannya.
2.      Tidak menggunakan aki motor tetap hidup.
DC :
1.      Lampu lebih stabil karena sumber arusnya dari Aki.
2.      Biasanya tidak menggunakan aki motor tidak akan hidup.
Untuk lebih jelasnya kita langsung menuju masalah yang pernah saya hadapi pada workshop saya. Motor yang saya kerjakan saat itu adalah motor shogun 110 dengan pengapian DC.


Gambar 1. Shogun 110 Pengapian DC
Masalah yang terjadi pada motor ini adalah motor mati total ga mau hidup. Hal utama yang saya lakukan adalah :
1.      Cek pada koil ada api atau tidak dengan di kick stater tempelkan pada ground, dengan perhitungan tidak ada trouble pada karburator dan bahan bakar. Karena 3 hal yang paling mendasar motor pembakaran dalam (internal combustion engine) yang anak teknik mesin ambil konversi energy pasti lebih dong, bisa hidup adalah :
a.       Adanya bahan bakar.
b.      Adanya kompresi
c.       Adanya api untuk membakarnya.

Gambar 2. Cek koil
2.      Cek kabel (Putih-Biru) CDI yang menuju ke koil karena yang warna (Hitam-Putih adalah ground, hal simple yang dapat dilakukan untuk mencari kabel putus adalah dengan cara ditelusur in English diturut haaa…
3.      Jika api tetep tidak ada kemungkinan kematian pada CDI atau aki sudah soak.
Gambar 3. Pin koneksi CDI Shogun 110

Gambar 4. CDI Shogun 110
Jika kita memperhatikan gambar diatas sumber utama pada CDI DC adalah aki, tapi hal yang aneh sering terjadi motor jenis DC aki soak bahkan tidak pakai aki motor tetep hidup, saya juga pernah nemui jenis Shogun kebo, tapi kemaren saya sempet diskusikan sesame mekanik yang lebih pengalaman kita sering berbagi dan share, ternyata motor bisa hidup karena system pengisian dari spul sangat kuat, sehingga membantu pengapian, tapi hal semacam ini kan merugikan spul pegisian tidak akan bertahan lama.
Kembali kepada topik permasalahan saya, motornya saya coba ganti cdi tapi tetep ga mau hidup, akhirnya saya ganti aki baru, ni motor akhirnya hidup juga.
Jadi permasalahan yang terjadi pada sepeda motor ini adalah ternyata aki yang sudah soak, seandainya kita bisa berpikir cerdas pengapian DC adalah sumber utama aki, kita bisa langsung ganti aki langsung beres tanpa harus bongkar sana dan sini menghabiskan waktu, akan tetapi dari sebuah masalah orang dapat belajar dan menjadi tahu, dan kalau gak ada masalah blog ini juga ga akan ada ia kan iaa donggg…ha he ho.

Seandainya dalam posisi ini kita ditempatkan sebagai pelanggan, costumer, pembeli, saya hanya ingin mengajarkan kepada kita,,,kitakkk, lo aja keleusss…untuk menjadi pelanggan yang cerdas berdasarkan dari pengalaman yang sudah saya share dan bagi, karena “hidup akan lebih indah jika umatNya masih ada hati untuk berbagi di dunia yang sudah mulai acuh tak acuh ini”, so selamat membaca, kritik dan saran yang membangun masih sangat diperlukan demi menuju kearah yang lebih baik tulisan saya ini. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan saya tentunya tidak perlu minta maaf, tapi marilah kita saling memaafkan saja haaa heee hooo. Thanks Full.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar