Banyak sebagian dari kita yang memakai sepeda motor tetapi saat sepeda motor yang digunakan rusak mengalami kebingungan ini motor kenapa "tadi hidup koq tiba-tiba sekarang mati" ia ialah "orang cuma bisanya makek doang".
Sepeda motor atau bahasa simpelnya motor itu ibarat manusia yang semakin tua akan mengalami sakit-sakitan bila tidak dirawat dan dijaga dengan benar.
Konsep yang paling mendasar sepeda motor atau kalau dalam Teknik Mesin yang mengambil konsentrasi energi pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) dalam hal ini saya akan lebih membahas ke motor dengan bahan bakar premium, bisa terjadi atau motor bisa hidup adalah :
1. Adanya bahan bakar
2. Adanya kompresi
3. Adanya pengapian
- Bahan bakar
hal yang paling sederhana pada motor adalah dengan pengecekan bensin lewat tangki bensin masih ada atau kosong "jangan sampai sebagai mekanik motor sudah kamu cek bongkar habis ternyata setelah dicek itu motor cuma kehabisan bahan bakar. hal yang selanjutnya adalah itu bahan bakar turun engak dari tangki ke karburator. banyak hal kendala yang menyebabkan bensin tidak mau turun ke karburator, misalnya selang bensin kesumbat, keran bensin rusak, otomatis bensin biasanya ini motor yang menggunakan otomatis memanfaatkan kompresi untuk menyedot bahan bakar ke tangki motor sekarang lebih banyak menggunakan otomatis bensin seperti supra 125, kharisma, vega new, jupiter new dan lain, menurut saya kegunaan otomatis bensin menghindari kebanjiran pada karburator memperbaiki generasi terdahulu seperti supra dan grand. menurut saya tidak pakai otomatis motor tetep hidup selama karbu masih normal, malahan kadang otomatis menyebabkan gangguan ketika otomatis tidak normal.
Dari pengalaman saya, saya pernah berhadapkan dengan kondisi seperti ini mungkin hal ini dapat diambil baiknya untuk menghadapi troouble shooting pada sepeda motor, motor yang saya kerjakan adalah motor honda kharisma, saya tidak pernah mengira kalau masalah utamanya adalah otomatisnya saja, motor ini hidup tapi karbunya ga bisa langsam seperti biasa, waktu saya cek ini bensi hitam pekat intinya kan ini bahan bakar terlalu boros karena busi dapat dibaca untuk memastikan ketepatan setting karburator :
1. Normal campuran bahan bakar tepat ( insulator berwarna coklat muda, merah batu bata).
2. Campuran terlalu kaya (insulator berwarna hitam kering).
3. Campuran terlalu kering (insulator berwarna putih).
Untuk dunia motor kenceng busi juga bisa dijadikan acuan untuk menyesuaikan settingan main jet dan pilot jet pada karbu.
Saya sudah setting dari yang irit, bahkan saya sampai bongkar head copnya untuk memastikan klepnya ada yang bocor atau tidak, gigi timmingnya ada yang loncat atau tidak.
Insting mekanik memang ga ada yang tau, suruh mencari tau penyakit dari benda matipun sudah biasa saya coba cek otomatis bensinnya ternyata lubang yang digunakan buat menyedot (vakum) bahan bakar yang seharusnya cuma udara kosong ternyata terjadi kebocoran bensin, jadi doubel keluar bensin sehingga bahan bakar berlebih.
- Kompresi
Hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengecek ada kompresi atau tidak adalah dengan meletakkan jari pada lubang busi sambil di kick stater jika ada semacam tekanan atau letupan berati itu motor ada kompresinya. dan hal lain yang harus diperhatikan adalah kebocoran paking-paking pada blok-cop yang menyebabkan kebocoran kompresi juga
- Pengapian
Hal simple yang dapat dilakukan untuk mengecek pengapian adalah dengan menempelkan kabel koil pada bodi ada loncatan bunga api atau tidak sambil di kick stater, hati hati bila terkena loncatan api lumayan buat kita meloncat keatas. heeee :P...
Alangkah lebih baik lepas busi, lepas cop businya tempel kan ke bodi karena akan menjadi tahu bila ternyata businya yang mati...
Bila masih tidak ada api berarti masih harus di cek lagi apakah yang mati coil, cdi atau spul pengapian (untuk pengapian AC)...nah yang ini agak sedikit rumit mungkin akan saya terangkan melalui tulisan saya yang selanjutnya, to be continous...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar